Mengenal Sosok Bupati Kuningan Acep Purnama

0

Kabupaten Kuningan 25 tahun yang lalu merukapak kabupaten biasa yang jauh dari kemajuan, tapi itu dulu berbeda dengan sekarang.

Saat ini Kabupaten Kuningan dipimpin oleh Acep Purnama sebagai Bupati. Sebagai Bupati Acep dalam bergagai kegiatan yang dilakukannya tak bisa luput dari sorotan baik masyarakat mau pun media. Pro dan kontra dalam pekerjaannya selalu ada.

Acep Purnama sebagai Bupati Kuningan dan Wakilnya Ridho Suganda resmi menjabat pada periode 2018-2023, mereka dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Bandung.

Acep Purnama adalah Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 2 Juni 1959 merupakan lulusan Master Ilmu Hukum di Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.

Sebelum menjadi Bupati, Acep juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kuningan pada tahun 2013 hingga 2016.

Sebagai sosoknya yang sederhana dan rendah hati Acep membuat warga Kuningan bangga memiliki pemimpin sepertinya. Pada tahun 2015 sebanyak 598 unit rumah di Kabupaten Kuningan telah mendapatkan bantuan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah dari Direktorat Rumah Swadaya Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR. Bantuan stimulan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) yang ada di daerah-daerah. Bupati Kuningan Acep Purnama menjelaskan, 598 unit rumah tersebut tersebar di empat desa yang ada di daerahnya. Ke empat desa tersebut terdiri dari Desa Citenjo (157 unit), Desa Sukamaju (164 unit), Desa Bantar Panjang (117 unit), Desa Cipondoh (160 unit).

Ini merupakan kontribusi pak Acep dalam program pemerintah melalui Kementerian PUPR.

Disisi lain Acep dikenal di mata para sahabatnya sebagai pribadi yang sangat ulet dan juga sangat disiplin terhadap waktu.

Tren blusukan yang dicontohkan oleh Jokowi sebagai Presiden Indonesia diterapkan oleh para pemimpin daerah dan juga Acep sebagai Bupati Kuningan yang rajin blusukan kepada warga. Hal ini baik untuk semua karena akan salin mengenal antar rakyat dan pimpinannya sehingga Acep tahu persis permasalahan dibawah.

Disela kesibukannya yang super padat, Acep juga ternyata hobi naik motor trail.

Dengan kinerja dan disiplan yang baik Kabupaten Kuningan berhasil meraih kembali penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha, yakni tanda kehormatan tertinggi dalam pelaksanaan pembangunan pada 17 Juli 2019. (heri Mulyanto)

Diolah dari berbagai sumber

Leave A Reply

Your email address will not be published.