Berita Desa

Gempa Garut, 3 Desa di Talegong Terkena Longsor, Warga Diimbau Waspada

Gempa berkekuatan magnitudo 6,4 yang mengguncang barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat mengakibatkan tanah longsor di wilayah Kecamatan Talegong pada Sabtu (3/12/2022) Longsor tersebut melanda tiga desa yakni Desa Sukamulya, Desa Selaawi dan Desa Sukalaksana.

Sekretaris Camat Talegong, Wiati Kartini mengatakan, longsor terjadi akibat gempa yang dibarengi dengan hujan deras di wilayah Kecamatan Talegong. “Longsor terjadi setelah gempa bumi, saat kejadian juga hujan deras turun di wilayah Talegong,” ujar dia dikutip Tribunjabar.id.

Berdasarkan laporan dari Satgas Desa terdapat titik longsor yang membahayakan tiga rumah yaitu di Kampung Cipasang dan Cibungur, Desa Sukamulya.

Selain itu, di Desa Sukalaksana longsor telah menimpa rumah warga sehinga membuat tiga rumah warga di sekitarnya terancam.

“Untuk di Desa Selaawi terjadi kerusakan dua bangunan yaitu rumah kepada desa dan madrasah tepatnya di Kampung Ciurug,” ucap dia. Kendati demikian, kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka. Masyarakat telah mengungsi sementara ke tempat yang lebih aman yakni di rumah kerabat.

“Fasilitas umum yang terdampak yaitu satu madrasah rusak ringan dan dua titik TPT di Jalan provinsi lama ambruk,” ujar dia.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan komentar