Berita Desa

Gelar Bimteknas 2 di Jakarta, Abpednas Hadirkan Narasumber Berkualitas

Beritadesa.tv, Sukses menggelar Bimteknas 1 bagi anggota dan pengurus Abpednas seluruh Indonesia di Bali tahun 2021 lalu, DPP Abpednas kembali menyelenggarakan Bimteknas 2 di Hotel Golden Boutique Jakarta, 8-10 Desember 2022.

Bimbingan Teknis Nasional (Bimteknas) kedua dan sekaligus pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) pertama yang diadakan DPP ABPEDNAS diharapkan mampu memberikan edukasi serta meningkatkan kapasitas anggota BPD seluruh Indonesia serta nilai positif bagi kemajuan anggota BPD di masing-masing desa tempat bekerja, Sabtu (9/12/22).

Berlangsung selama 2 hari, sekitar 150 peserta mengikuti Bimteknas 2 dan Munas 1 ini penuh antusias. Diawali dengan sambutan Menteri Desa PDTT Abdul Halim, ucapan selamat dari Ketua MPR Bambang Susatyo dan Ketua Umum Apdesi, Surta Wijaya, kali ini DPP Abpednas menampilkan nara sumber yang berkualitas. Mulai dari Sesjen Wantannas RI, Laksamana Madya TNI Harjo Susmoro, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Eko Prasetyanto Purnomo Putro, Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Chaerul Dwi Sapta, Yayuk dan Surta Wijaya.


Selama pelaksanaan Bimteknas 2 ini, peserta sangat antusias menyampaikan aspirasi dan pandangannya tentang kerja dan kinerja anggota BPD di desanya masing-masing. Hampir di semua sesi tanya jawab dengan nara sumber, terjadi dialog yang sangat dinamis, termasuk ketika Surta Wijaya ketua umum Apdesi menyampaikan pandangannya tentang harmonisasi kerja BPD dengan Kepala Desa. “Sesuai dengan tupoksinya, Kepala Desa dan Anggota BPD harus bisa bekerjasama, terutama dalam membuat Perdes dan program lainnya. Nanti kita buat MOU,’ kata Surta.

Menurut Ketua Pelaksana, Supriadi Kadir, pada Bimtenas 2 tahun ini, DPP Abpednas sengaja menyelenggarakannya bersamaan dengan Munas 1 DPP Abpednas. Hampir semua DPD dan DPC mengirimkan pengurusnya untuk mengikuti Bimteknas dan Munas kali ini. “Kami harapkan setiap tahun penyelenggaraan bimteknas akan semakin baik, nermanfaat buta pengurus anggota BPD dalam pembangunan desa,” tuturnya.

Sementara itu, ketika ditanya maksud dari tema Bimteknas 2 yang berbunyi, Sukseskan Pemanfaatan dan Pengawasan Dana Desa Melalui Peningkatan Kapasitas Anggota dan Pengurus, sekretaris Panitia Pelaksana Ella Nurlaela Tubagoes mengatakan, agar anggota BPD bisa mendapatkan pemahaman tentang tupoksi anggota dari para pembicara yang kompeten dan berkualitas.

 

Tinggalkan komentar