Menemukan Konsepsi Keadilan Distribusi Kue Ekonomi

0

(Nomena Ketimpangan Pendapatan)

oleh : Nafik Umurul Hadi

Salah satu tujuan pembangunan secara umum adalah menemukan formulasi terbaik untk meningkatkan kesejahteraan masyarakat satkeholders.Tercapainya tingkat pemerataan kesejahteraan yg lbh baik adalah merupakan tujuan organisasi atau pembanguanan yg memiliki pemimpin yg berkualitas. 

Upaya masing-masing individu untk mencapai tujuan organisasi/pembangunan selalu mengalami transformasi teoritis, oleh karenanya keberadaan individu sangat penting perannya dalam organisasi./bangsa.

Beberapa literatur, misalnya  menyebutkan bahwa keberadaan individu dlm organisasi paling tidak bisa dilahat dari 3 dimensi, pertama adalah keberadaan kita hanya diposiskan sebagai bagian yang melengkapi struktur saja (pleasent life), kedua adalah keberadaan yang diposisikan agar lebih baik dengan berbagai macam kewenangan/diskresi yang memungkinkan dia seakan-akan telah membuat organisasi lebih baik (good life). Ketiga adalah keberadaan yang membuat dirinya lebih bermakna bagi organisasi dan stakehodernya (meaningfull life). (Griffin ad. Al, dalam NU hadi,2018 ).

Bahkan PBB melalui lembaganya yang bernama OECD, (Organization for Economic Co-operation and Development) merilis parameter Happiness sebagai alat ukur keberhasilan pembangunan ekonomi dan non ekonomi. Bila mengacu pada ukuran tersebut maka dapat kita maknai bahwa cakupan keberhasilan pembangunan ekonomi dan non ekonomi tidak hanya terbatas pada kondisi kehidupan yang (pleasant life) menyenangkan diri dan kondisi kehidupan yang lebih baik (good life atau being well) semata, akan tetapi juga pada kondisi kehidupan yang bermakna ( meaningfull life ).

Untuk konteks Indonesia Happiness ini adalah menggambarkan pembangunan yang menyeluruh bahwa kesejahteraan tidak hanya mencerminkan kemakmuran aspek materiil saja tapi juga non materiil, hal ini sejalan dengan amanah pembukaan Konstitusi kita ( tujuan pembangunan adalah tercapainya kesejahteraan umum (public well being).

Poin-poin diatas tentang sebuah konsep kebahagian (happiness) coba penulis jabarkan berdasarkan beberapa argumentasi dan dari landasan teori transformasi konsep pembangunan, teori dimensi pembangunan, teori pembangunan dan kesejahteraan, teori konsepsi kebahagiaan sebagai komponen kesejahteraan menyeluruh dan teori Sustainable Development.

Semoga artikel singkat ini membawa manfaat bagi pembaca.

September 2021, By:https://nafiumurulhadi.blogspot.com/

Leave A Reply

Your email address will not be published.